Friday 3 November 2017
2 komentar

Berbagi Tips Cara Meningkatkan CPC Adsense yang Rendah



Pada Tutorial kali ini saya akan menjelaskan Bagaimana Cara Meningkatkan BPK atau CPC (Cost Per Click) atau yang biasa kita sebut dengan Biaya Per Klik pada suatu iklan google adsense. Banyak orang yang mencari cara agar BPK meningkat. CPC/BPK merupakan salah satu sumber atau penentu besar kecilnya penghasilan seorang blogger/publisher adsense. Seringkali saya membaca di sebuah group Blogger dimana para blogger mengeluhkan rendahnya biaya perklik pada google adsense. Menurut pengalaman saya selama saya bergabung sebagai publisher Adsense, kejadian ini merupakan hal yang wajar bahkan selalu dialami oleh para blogger yang lebih senior dari saya. Dan kali ini saya akan membagikan tips dan trik pada kalian versi alamsyah project tentang bagaimana cara meningkatkan BPK/CPC pada adsense. Oke langsung saja dan mari kita simak :

1. Buat Konten Yang Menarik & Sesuai Dari Blog Anda

Pernah Dengar dengan istilah Blog Gado-Gado dan Niche Blog? Blog gado-gado pada umumnya berisi tentang konten yang Campur aduk atau umum, Isi kontennya tidak berfokus pada satu kategori sedangkan Niche Blog adalah sebuah Blog yang isi kontennya searah atau terkait dengan konten satu dengan yang lainnya. Sebagai Contoh Blog Gado biasanya isi kontennya campuran misalkan tentang konten Edukasi, Berita, Kesehatan, komputer, Gadget dan sebagainya. Sedangkan Niche isi kontennya masih tetap on the track sebagai contoh jika kita bahas tentang teknologi/Gadget/komputer itulah yang dinamakan Niche Blog artinya artikel yang satu dengan yang lainnya masih terkait atau berhubungan yaitu konten tentang teknologi
Lalu apa pengaruhnya pada CPC/BPK adsense?
Jelas ada pengaruhnya, Iklan yang dipasang tentunya sesuai dengan kata kunci AdWords pada saat si pengiklan memasang iklannya di Google. Padahal disetiap keywords memiliki harga yang berbeda. Nah kabar buruknya jika si Blogger Gado-gadi ini memiliki postingan/artikel yang memiliki keyword dengan harga pesaing AdWords yang rendah maka CPC/BPK nya pun juga ikut turun, karena pesaing iklan nya rendah. Bedahal nya dengan Blog Niche yang memiliki pesaing iklan yang cukup tinggi. Sehingga si pemilik iklan berlomba-lomba menaikkan bayaran pada iklan sesuai kata kunci AdWords dimana keywords tersebut sesuai dengan thema konten pada blog anda. Ya ga ada yang salah sebenarnya jika anda memiliki blog gado-gado, tapi pada umumnya saingan para pengiklan jadi terbuka lebar sehingga harga yang ditawarkan rendah. Dan mengatasinya carilah keyword yang berpotensi memiliki saingan tinggi




2. Perbanyak Pengunjung Organik

Siapa yang diantara kalian yang masih suka minta BW (Blog Walking)? hehe
Tidak ada yang salah sebenarnya jika anda minta Blog Walking didalam sebuah forum/Group, saya pun juga terkadang masih suka begitu. Karena dengan banyaknya trafic atau pengunjung juga mempengaruhi nilai dari BPK/CPC kita. Namun sungguh disayangkan, pemilik google adsense diantaranya banyak dimiliki oleh kids jaman now yang pada dasarnya belum mematuhi dan mengetahui bagaimana Algoritma Adsense bekerja.
Adsense memiliki sistem yg cukup canggih, Mereka lebih menyukai pengunjung organik yaitu seseorang yang mengetik keyword pada search engine google. Nah disinilah letak kesalahan kids jaman now pada saat melakukan BW  yang terkadang mereka langsung saja memberikan URL mentah-mentah ke Group Facebook. Sehingga begitu ada yang klik, Langsung ngedirect melalui Sosial Media dan menyebabkan nilai BPK kalian rendah. Padahal jika anda cukup kreatif anda bisa mengatasi hal ini dengan cara :
-Memasukan keyword anda di mesin pencari
-Kemudian copy URL hasil pencarian keyword kalian lalu gunakan Google Shortlink.
Sehingga ketika ada yang klik URL tersebut tidak mentah mentah langsung direct ke Website anda, tapi direct ke mesin pencari terlebih dahulu. Dan Terciptalah pengunjung yang organik.

3. Selalu Perhatikan Page CTR

Saya asumsikan anda yang membaca artikel saya ini telah mengetahui apa itu Page CTR. Namun bagi anda yang belum tau harap bersabar, karena saya akan jelaskan lebih detail tentang apa itu Page CTR pada tutorial selanjutnya.
Usahakan Page CTR berada tidak lebih dari 15%, lebih amannya lagi 10%. Seperti yang sudah saya katakan diawal. Adsense memiliki Algoritma yang sangat canggih untuk melindungi konsumennya  dari publisher yang nakal. Cara perhitungan dari page CTR sendiri cukup sederhana, (Jumlah Klik ÷ Page View)x100 = Page CTR (%). Jika lebih dari 20% maka google akan menganggap itu adalah fraud sehingga anda akan terkena smart pricing yang menyebabkan BPK/CPC anda rendah, Lebih buruknya lagi akun adsense anda akan terkena Suspend oleh Google.


4. Perbaiki Kualitas Konten

ini berbeda dari point nomer 1 (satu), kalau di point ke-satu saya menyuruh anda membuat konten yang menarik dan sesuai thema anda. Di point ke-4 ini saya menyuruh anda untuk membuat perbaiki kualitas konten. Bagaimana cara mengetahui kualitas konten? anda bisa melihatnya pada google analytics yang terhubung pada blog anda. kemudian anda bisa melihat Bounce Rate blog anda. Jika bounce rate anda tinggi katakanlah 100% maka ada yang salah pada isi konten anda. Kemudian perhatikan juga Avg. Session duration, katakanlah Avg. session duration anda 20 detik, jelas ada yang salah pada konten anda yang menyebabkan para pembaca tidak betah berlama-lama dalam web/blog anda. Selain itu ada faktor lain yang menyebabkan Bounce rate anda tinggi yakni terlalu banyak BW(Blog Walking) dengan kids jaman now yang hanya mengincar recehan dari Adsense. Sebenarnya tidak salah dengan Blog walking namun ada cara yang harus dilakukan dalam melakukan Blog walking. Jika anda belum mengetahui cara blog walking yang baik dan benar, anda bisa baca postingan yang sudah saya buat. 



Kesimpulan :
Cara diatas saya lakukan dengan analisa saya semenjak bergabung sebagai publisher adsense, dan bukan serta merta cara diatas selalu berhasil terkadang ada faktor lain yang menyebabkan CPC/BPK rendah yaitu karena musim/event. Misalnya Jika ada event Natal dan Tahun baru, Maka biasanya CPC/BPK akan naik. Kita hanya bisa berusaha dan mempertahankan nilai CPC/BPK agar tetap stabil dengan terus menganalisa pergerakan pasar dan trending topic melalui blog kita.
Kira-kira itu saja yang bisa saya sampaikan, Semoga bermanfaat.




2 komentar :

  1. Waaah pembahasannya menarik nih,
    Jadi sebelum BW itu nyari keyword dulu ya , biar ntar masuk dulu ke halaman google baru masuk ke blog. Boleh2 di jajal biar naik bpk. Cepet gajian x-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kira kira begitu gan, hehe selamat mencoba x-)

      Delete

 
Toggle Footer
Top