Monday 30 October 2017
4 komentar

Cara Mudah Membuat Game Android Tanpa Harus Coding

3 Aplikasi Untuk Membuat Game Di Android Tanpa Perlu Ngoding




Mungkin kalian bertanya-tanya tentang Bagaimana cara bikin game di Android tanpa perlu skill ngoding(coding) atau pemrograman? Semenjak platform android menguasai pasar dunia banyak para developer software yang beralih untuk mengembangkan aplikasi dan game di platform ini.dan untuk sebagian orang beranggapan, untuk membuat game android dibutuhkan skill untuk ngoding atau programing. Namun saat ini hal tersebut bukan lagi menjadi kendala untuk menyalurkan bakat atau imajinasi anda kedalam sebuah game. Anda bisa membuat game android dengan cepat tanpa harus memiliki skill ngoding atau programing. kali ini saya akan merangkumnya dalam 3 Aplikasi terbaik untuk membuat Game Android.



1. GameSalad


Sejak debutnya di tahun 2009, GameSalad dengan cepat berkembang menjadi platform pengembangan game mobile terkemuka. Sampai saat ini, GameSalad Creator telah digunakan oleh lebih dari 900.000 pengguna di 189 negara. Pengguna GameSalad telah menciptakan lebih dari 180.000 judul asli di seluruh platform seluler dan web, termasuk tiga game iOS # 1 dan lebih dari 80 Game Teratas di Apple App Store AS. Pada tahun 2012, lebih dari 15% game iOS baru dibangun menggunakan platform GameSalad. GameSalad adalah komunitas online yang memberdayakan setiap orang untuk mengungkapkan dan membagikan gagasan mereka melalui permainan. GameSalad didirikan dengan keyakinan bahwa semua orang harus memiliki alat untuk membuat game populer, hanya dibatasi oleh batasan imajinasi mereka. GameSalad menyediakan platform yang digunakan oleh pembuat konten untuk mendesain dengan cepat, GameSalad memungkinkan pengembang game merancang, menerbitkan, dan mendistribusikan game canggih untuk iOS, Android, dan HTML5 dengan cepat, sekaligus menghilangkan kebutuhan untuk kode. GameSalad adalah perusahaan swasta yang didukung ventura yang berkantor pusat di Austin, TX.
GameSalad Inc. didirikan pada bulan Agustus 2007 oleh Michael Agustin, Dan Treiman, Tan Tran, dan Joshua Seaver. Perusahaan ini berkantor pusat di Austin, Texas.






2. Construct 2


Construct 2 adalah software pembuat game atau aplikasi berbasis HTML5 yang dikhususkan untuk platform 2D. Software ini dikembangkan oleh Scirra. Berbeda dengan Adobe Flash CS 6, Construct 2 tidak menggunakan bahasa pemrograman khusus, karena semua perintah yang digunakan pada game diatur dalam EvenSheet yang terdiri dari Event dan Action. Construct 2 dapat mempublikasikan game atau aplikasi dengan berbagai pilihan platform hanya dengan satu project. Game Construct 2 dapat diterbitkan pada platform berbasis web seperti Chrome Web Store, Facebook, Kongregate, Newgrounds, Firefox Marketplace. Construct 2 juga dapat di ekspor ke desktop PC, Mac, dan Linux dengan menggunakan Node Webkit. Selain mempublikasikan ke Windows 8 Store atau sebagai aplikasi Windows Phone 8. Pengguna dapat pula mengekspor game ke iOS dan Android dengan menggunakan CocoonJS, appMobi dan PhoneGap. Dengan dukungan platform yang luas pengguna dapat memiliki akses yang luas untuk pemain.

3. GG Maker


GG Maker cocok untuk kamu yang belum pernah melakukan coding sebelumnya, namun jika anda bisa coding suatu saat nanti itu akan lebih baik lagi untuk bisa mengembangkan game yang lebih kompleks. Aplikasi ini bisa membantu kamu membuat beragam game, mulai dari platformer sederhana sampai RPG 3D yang rumit. Seluruh perilaku objek di layar bisa kamu atur menggunakan editor visual yang canggih sama seperti GameSalad dan Construct2, sesuai dengan desain permainan yang kamu mau.

Fitur yang ada di dalam GG Maker adalah alat yang disebut Graphically Assisted Scripting. Dengan fitur ini, logika yang biasanya harus diketik dengan bahasa pemrograman bisa kamu implementasikan secara visual dalam bentuk diagram alir. Penguasaan logika di Graphically Assisted Scripting akan membantumu memahami cara kerja coding sungguhan.

Nah kira-kira itu adalah aplikasi untuk membuat game android tanpa perlu ngoding yang pernah saya coba. Sebenarnya ada banyak, namun yang recomended berdasarkan komunitas dan tutorial terbanyak yang bisa saya rangkum Mungkin jika ada perkembangan dan tambahan kamu bisa tulis di komentar untuk bisa menjadi referensi bagi kita semua. 






4 komentar :

 
Toggle Footer
Top