Tuesday 17 October 2017
19 komentar

Cara Blog Walking yang Baik dan Benar



Mungkin untuk para blogger istilah ini sudah tidak asing lagi di telinga. BlogWalking atau sering disebut dengan istilah BW bagi seorang blogger adalah sebuah aktifitas atau ajang silaturahmi untuk saling mengunjungi blog satu dengan sama lain. Hal ini dilakukan bukan tanpa tujuan tentunya, selain ajang silaturahmi blog walking juga mampu untuk meningkatkan trafic bagi si pemilik blog. Selain itu Blog walking juga efektif sebagai media promosi atau memperkenal diri bagi blogger blogger yang baru lahir ke dunia maya.

Apakah ada keuntungan lain?

Jelas ada, selain meningkatkan trafic pada blog anda (ya meskipun ga signifikan juga sih), tapi blog walking mampu mempercepat prosess index di mesin pencari terutama google, sebagai main search engine terbesar di dunia maya untuk saat ini. Karena ada banyak sekali artikel yang baru bermunculan, maka bukan tidak mungkin postingan anda yang baru saja lahir akan tenggelam oleh derasnya informasi.

Namun blog walking untuk sebagian orang banyak yang salah menafsirkan, dengan harapan untuk mendapatkan backlink sebanyak-banyaknya dengan cara memberikan komentar disertai embel-embel Link mereka berharap orang lain mau mengeklik link tersebut. Jelas dijaman now yang ada anda bisa dianggap spam oleh si pemilik blog.

Lalu apa saja langkah-langkahnya untuk menjadi Blog Walking yang baik dan benar?

Kali ini saya akan merangkum sesuai sepengelaman saya selama berkecimpung di dunia maya hahaha


1.) Kurangi Share Link Aktif di Sosial Media atau Komentar
   
Mungkin bagi anda yang belum menjadi mitra Google Adsense tentu hal ini tidak akan berpengaruh apa-apa pada blog kalian, karena fokus anda adalah mencari trafic dan mempromosikan blog atau postingan yang kalian buat. Namun untuk yang sudah menjadi mitra adsense tentu cara ini jika dilakukan terlalu sering maka akan berdampak mengurangi pendapatan atau CPC (Cost Per Click) pada Google Adsense yang kalian punya. Lantas bagaimana saya mempromosikan postingan saya? anda boleh memberikan keyword terkuat anda kepada blog walking agar situs atau blog anda dikunjungi. 

Contoh : Kunjungi blog saya gan, keyword : Cara Blog Walking yg baik dan Benar by Alamsyah Project

hal itu lebih disukai oleh search engine dibandingkan anda melempar link yang segabrek-gabrek panjang dan itupun anda copas juga dari search engine yang sebelumnya sudah anda cari.

karena begitu seseorang klik, katakanlah dari facebook maka facebook akan me-redirect ke blog anda atau mesin pencari dan itu bukan termasuk dalam kategori organic search melainkan kategori social, dan kabar buruknya keyword anda jadi sulit terindeks atau sulit menjadi nomer wahid di mesin pencari google.






2.) Dimanapun Sopan Santun Itu Perlu 

Pernah denger istilah SMP (Sehabis Makan Pulang) ? pasti kalo ada temen yang kaya gini bawaannya pengen jitak aja hahaha. Blog bagi seorang blogger merupakan rumah kedua, dan tentunya setiap rumah memiliki aturan dan kita sebagi tamu yang berkunjung harus menjunjung tinggi etika sopan santun, apa lagi budaya kita Indonesia sangat menjunjung tinggi hal itu. Bacalah sedikit setidaknya dua paragraf agar ada jeda dalam perhitungan AST (Average Session Time). Bagi anda yang menggunakan Google Analytics pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya AST (Average Session Time), AST adalah nilai tambah dari kualitas blog kalian, kalian bisa tahu sejauh mana visitor betah dan berlama-lama di blog kalian. Saya suka sedih aja kalo AST nya cuma 20 detik padahal visitor nya banyak, paling saya cuma menganggap ini ulah Kids Jaman Now. hehehe
Jadi setidaknya bacalah satu sampai dua paragraph atau kalo anda tidak hobi baca taro HP atau laptop anda dan diamkan selama 40 detik. hehehe

3.) Komentar Yang Relevan dan Gunakan OpenID

Seperti yang sudah saya jelaskan di Point satu dan dua, Bacalah terlebih dahulu artikel yang anda kunjungi setidaknya  2 paragraph agar ketika anda memberikan komentar itu relevan dengan isi konten atau postingan. Jangan sampai konten nya tentang bulu tangkis tapi anda komentar sepak bola. Bisa dipukul raket nanti. hehehe
Dan Hindari Share Link aktif pada kolom komentar jika tidak ingin di anggap spam. Jika inggin Backlink gunakanlah OpenID. OpenID ini bertujuan ketika anda memberikan komentar maka nama anda akan langsung mengarah pada blog atau website yang kalian punya. Sehingga aman dari istilah spam.




4.) Memberikan Cendol

Untuk point yang ini sudah taulah ya pasti apa fungsinya BW selain naikin trafic hehehehe. Only me and I know. Jangan berharap, itu hanyalah bonus karena gak jarang juga banyak kecurangan terjadi dalam hal BW tapi tetaplah menulis untuk memberikan informasi-informasi yang bermanfaat.


Maybe thats all i can share, semoga bermanfaat dan teruslah memberikan informai-informasi yang bermanfaat dan positif.

19 komentar :

  1. Terima kasih ya.. saya akan berusaha menjadi bw yang baik deh.. ditunggu tulisan selanjutnya ya..nih saya kasih cendol juga

    ReplyDelete
  2. Nah ini aku sekarang Blog Walking, lewat google plus tadi. ngomong-ngomong kok judulnya aneh ya, "Cara Menjadi Blog Walking", kan itu kata kerja kok malah pake kata "Menjadi" sih bro.

    Trus mau tanya bisa dijelasin kalimat ini diatas? facebook akan me-redirect ke blog anda atau mesin pencari dan itu bukan termasuk dalam kategori organic search melainkan kategori social, dan kabar buruknya keyword anda jadi sulit terindeks atau sulit menjadi nomer wahid di mesin pencari google. kok bisa tidak terindex kalau mesin pencari?

    Btw, salam kenal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iya typo, thanks infonya gan hehe nanti saya edit.

      iya saya jelaskan sedikit ya, kalo misalnya agan pakai Google analytics pasti tau istilah redirect, social, dan organic search dan disitu lah kita bisa lihat trafic kita lebih besar dari mana, meskipun kita copas url kita di facebook tetap google membaca redirect dari social media. Padahal google lebih suka dari organic search alias agan ketik dari search engine berdasarkan keyword. Semakin sering semakin cepat terindeks oleh Google tapi sebaliknya semakin jarang ya semakin lemah juga tapi bukan berarti ga terindeks total cuma agak sulit aja. itu sih pengalaman saya selama ngeblog.

      Delete
  3. Tulisan yang benar-benar keren. Demikianlah setidaknya menurut saya yang masih awam dari soal ngeblog. Mnyap Boss. Salam hangat selalu

    ReplyDelete
  4. BW emang penting banget bagi blogger.
    Apalagi zaman sekarang.
    Walaupun butuh waktu yang lama dan harus di jadiin kebiasaan juga bw di sela2 kegiatan sehari2 selain ngeblog

    Oiya gan, bikin akun openID gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ketika komentar pilih menggunakan openID lalu masukan URL blog anda atau website anda, terimakasih

      Delete
  5. nice sharing... salam kunjungan dari Malaysia \(^0^)/

    ReplyDelete
  6. Saran yang bagus untuk para blogger yg hobi blowalking

    ReplyDelete
  7. Nice info kak, masih newbie jadi blogwalker nih.. ajarin more and more yah : (o)

    ReplyDelete
  8. Sayang masih belum ada fitur mention ya buat semakin mempermudah blogwalking...

    Sementara notify me via email menurut saia terlalu berlebihan karena siapa pun yang berkomentar maka pemberitahuannya keluar di email...

    Salam ngeblog..

    ReplyDelete
  9. saya coba walking-walking dulu kalo gitu :D

    ReplyDelete
  10. terima kasih infonya memang terkadang sangat menjengkelkan jika ada yang menyelipkan link aktif di kolom komentar

    ReplyDelete
  11. Point nomor 3 sangat dibutuhkan oleh seorang blogger. Komen yang relevan terhadap artikel yang dikomentari. Mengapa sangat dibutuhkan? karena komentar yang relevan akan memberitahukan orang lain secara otomatis bahwa kita membaca artikel yang ditulis oleh penulis suatu blog, tidak hanya itu dengan kita membaca artikel secara keseluruhan kita akan mengerti apa yang dimaksud oleh penulis dengan begitu kita akan mendapatkan wawasan yang lebih. inti dari kita membaca suatu artikel adalah agar kita mendapatkan wawasan baru, menjawab pertanyaan kita dll. Terima Kasih gan atas artikelnya yang sudah mengingatkan saya sebagai blogger bahwa kita harus menaruh komen yang relevan terhadap artikel yg dikomentari. :D

    ReplyDelete
  12. Baru tau soal yang openID gan, caranya makeknya gimana ya ? bisa bantuin ?

    ReplyDelete

 
Toggle Footer
Top