Sunday 15 October 2017
10 komentar

Ini yg Diperlukan Untuk Belajar Pemrograman

Anda berniat untuk menjadi seorang programer? atau baru saja masuk kuliah di jurusan Teknologi Informatika? Bingung harus mulai darimana? kali ini mimin akan sharing tentang bagaimana sih untuk menjadi seorang programer dan tips Belajarnya. Tapi sebelum mulai ke materi klik dulu salah satu iklan google adsense yang ada di blog mimin ya. hehehe...

Oke kita lanjut ke materi. Dijaman digital saat ini banyak sekali orang yang berbondong bondong untuk bisa belajar dalam dunia komputer atau setidaknya minimal tahu apa itu komputer. Gak heran kalo setiap perusahaan pasti selalu membuka lowongan untuk posisi IT. Dalam segi bisnis pun, Profesi IT tetep berpeluang lebar untuk merajai pasar terutama di Indonesia. Contohnya saja seperti Google, Blogger, Facebook, Twitter, Instagram, Bukalapak, Tokopedia, Shopee dan Sebagainya. Hal ini membuat minat yg besar untuk seseorang mulai belajar atau berkecimpung didunia programing atau IT. Jujur aja mimin adalah salah satu orang tersebut yg tertarik dengan IT. Berikut tips nya untuk menjadi seorang programer.


1.) Algoritma Dasar (Wajib)

Pengertian Algoritma sendiri adalah urutan langkah-langkah dalam memecahkan suatu masalah. Dengan algoritma tersebut program dapat menemukan jalan keluar dan menjalankan perintah dari user dengan sempurna. Mengapa seorang programer harus paham betul tentang Algoritma? karena Algoritma merupakan cerminan bagaimana kita tahan terhadap error dan menyelesaikan secara logis sesuai dengan struktur dari Bahasa Pemrograman/Bahasa mesin. Jadi sebelum temen-temen belajar ngoding alangkah baiknya kalian mempelajari Algoritma dasar hingga paham betul apa itu masalah dan jalan keluarnya. karena tanpa foundasi  Algoritma yg kuat, mimin jamin temen temen ga bakalan kuat nemuin error saat ngoding.
contoh Algoritma Dasar :
Algoritma TUKAR ISI BEJANA
Diberikan 2 buah bejana A dan B, bejana A berisi larutan berwarna merah, bejana B berisi larutan berwarna biru. Tukarkan isi kedua bejana itu sedemikian sehingga bejana A berisi larutan warna biru dan bejana B berisi larutan berwarna merah.
Deskripsi:
1. Tuangkan larutan dari bejana A ke dalam bejana B
2. Tuangkan larutan dari bejana B ke dalam bejana A

Algoritma TUKAR ISI BEJANA di atas tidak menghasilkan pertukaran yang benar. Langkah di atas tidak logis, hasil pertukaran yang terjadi adalah pertukaran kedua larutan tersebut.





Untuk itu pertukaran isi dua bejana, diperlukan sebuah tambahan sebagai tempat penampungan sementara, misalnya bejana C. Maka algoritma untuk menghasilkan pertukaran yang benar adalah sebagai berikut:
Diberikan dua buah bejana A dan B, bejana A berisi larutan berwarna merah, bejana B berisi larutan berwarna biru. Tukarkan isi kedua bejana itu sedemikian hingga bejana A berisi larutan berwarna biru dan bejana B berisi larutan berwarna merah.
Deskripsi:
1. Tuangkan larutan dari bejana A ke dalam bejana C.
2. Tuangkan larutan dari bejana B ke dalam bejana A.
3. Tuangkan larutan dari bejana C ke dalam bejana B.
Mudah bukan? hehehe.. Contoh diatas hanya salah satu dari banyak Algoritma yg bisa kamu pelajari.


2.) Pilih Bahasa Pemrograman Dan Pelajari Strukturnya



Banyak Mahasiswa/i atau temen-temen mimin yang bertanya untuk mulai Pemrograman itu dari mana? apa yang harus dipelajari terlebih dahulu? dimulai dari bahasa Pemrograman yg mana? Tanpa bosan-bosannya mimin menjawab dimulai dari Noll (0) hehe..
Inget, di Poin satu ada Algoritma, jadi semuanya itu harus berurutan begitu juga dengan belajar. Jadi jangan terlalu tergesa gesa untuk ngoding. Percayalah step by step.
Untuk step yg kedua ini mimin ingin kasih gambaran ke temen-temen bahwa ada banyak sekali bahasa Pemrograman dan syntax yg temen-temen bisa Pelajari. Contoh : Java, PHP, SQL, HTML, Javascript, XML, Phyton, Ruby, Scala dan sebagainya.
Dan ini kesalahan bagi pemula, baru mulai langsung ingin borong sekaligus.
Untuk tetap fokus dan efektif. Tentukan dulu temen-temen mau pakai bahasa Pemrograman apa? misal kalian ingin menekuni dibidang Web, maka mulailah belajar dari HTML setelah itu pelajari struktur dari Bahasa Pemrograman itu sendiri. seperti penggunaan tag dan sebagainya. Jika kalian ingin belajar java, pelajari dulu tentang apa itu variabel, class, operator, condition dan sebagainya.
Inget, Jangan pilih berdasarkan yg banyak lowongan kerjanya. Karena sesungguhnya rejeki sudah ada yang mengatur. hehe


3.) Mulailah Dengan Membuat Project Sederhana


Ketika teman-teman sudah mulai mempelajari struktur Pemrograman yang kalian pilih tidak ada salahnya kalian memulai untuk membuat project sederhana. Sebagai contoh, membuat kalkulator, Membuat sebuah form, membuat halaman web or anything yang bisa teman-teman buat sambil melihat tutorial. Hal ini akan membiasakan kalian untuk menulis bait-bait source code dari bahasa Pemrograman yang kalian pilih.
Apa boleh lihat tutorial? tentu saja boleh, programer yg professional sekalipun terkadang masih suka baca tutorial, jadi sah sah saja.
Kalo nemu error gimana min? justru itu seninya, Semakin banyak error yang kalian temui semakin cepat anda expert dalam menulis bait-bait coding.


4.) Ikuti Forum Programming, Seminar, Dan Programer Senior


Dunia Digital sangat cepat sekali pergerakan dan perkembangannya. banyak sekali metode-metode baru yg ditemui dalam segi development dan pembelajaran. Sebagai contoh, mimin waktu pertama kali kuliah mempelajari PHP Native, selama bertahun-tahun mimin pelajari hal tersebut sampe lupa ikut forum dan perkembangan. Setelah mimin bekerja, ternyata PHP native sudah tidak dipakai lagi dan beralih ke PHP Framework. Sekilas tidak ada yang salah dengan PHP nya, Namun Metode Development nya saja yg berbeda. PHP Native lebih lama dan kurang Efisien dalan segi pengembangan sedangkan PHP dengan Framework lebih cepat, simple, dan efisien. Oleh sebab itu mimin memberikan saran kepada teman-teman untuk ikutin forum, perbanyak baca, dan memantau perkembangan teknologi IT.
Sekian dulu tips yg bisa mimin bagikan kepada teman-teman. Apa bila ada yang kurang bisa kalian koreksi dibagian komentar. Terima kasih

10 komentar :

  1. aku baru bisa Java, SQL, PHPmyadmin sama JSON aja, :( , harus belajar lagi ni

    ReplyDelete
  2. Gw cuman belajar HTML sama css doang... 😂😂😂

    Tapi nice info nih gan

    ReplyDelete
  3. wahh ane mau jadi programer banget gan, kira kira bahas yg paling mudah apa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mulai dari belajar HTML dan PHP gan itu paling mudah. Trims sudah mampir

      Delete
  4. Saya hanya tertarik di desain tampilan
    Coding css kkkk


    Back gan
    Www yukgas id

    ReplyDelete
  5. wah... bagus mas artikel nya sangat membantu.... thanks infonya

    ReplyDelete
  6. ada 2 bagian programmer, yaitu programmer bagian back-end yaitu programmer yang ngurusin bagian server atau bagian dalam dan programmer bagian front-end yaitu programmer yang ngurusin bagian luar/ biasanya penampilan contohnya design template blog dll. kalau agan mau ngambil yang bagian back-end jelas point nomor 1 sangat diperlukan, karena programmer bagian back-end biasanya berurusan dengan logika. walaupun programmer bagian front-end juga perlu mengerti algoritma tapi tidak seperlu programmer bagian back-end. Jangan Lupa kunjungin blog PemahamanOnline (y) Thank You Gan atas artikel yang sangat bermanfaat ini! :D

    ReplyDelete

 
Toggle Footer
Top