Monday 16 October 2017
8 komentar

Cara Ampuh Menghilangkan Cleanserp Dari Browser



Baru-baru ini saya dikejutkan dengan browser saya yang tiba-tiba berubah menjadi yahoo.com pada search engine yang ada pada browser. Padahal browser yang saya pakai adalah google chrome. Kejadian ini bukan tanpa di sengaja karena sebelumnya saya mendownload sebuah software, namun ketika selesai saya install software yang saya download, saya mencoba membuka browser google chrome dan hasilnya cukup mengejutkan. Apa yang saya cari maka browser saya aka me-redirect ke yahoo.com dengan embel-embel cleanserp.net . Saat itu juga saya langsung beranggapan bahwa PC saya terkena malware.

Cleanserp.net merupakan salah satu malware yang menyusup masuk melalui program yang kita download dan menyerang umumnya pada browser yang kita install. Banyak cara yang sudah saya coba mulai dari mengganti pengaturan search engine pada browser hingga cara terekstrim sekalipun yaitu merubah registry pada windows dengan mengikuti tutorial yang ada di youtube hingga postingan yang ada di blog semua sia-sia. Namun hal ini membuat saya teringat satu hal bahwa pada dasarnya Windows memilik System Restore Point dan saya memutuskan untuk mencoba hal tersebut.

Mungkin bagi sebagian teman-teman blogger sudah mengetahui apa itu System Restore Point Pada Windows. Namun saya asumsikan bahwa anda yang masuk dan membaca postingan saya ini belum mengetahuinya sehingga saya akan menjelaskan satu persatu langkah langkah nya.








Penjelasan Singkat : "System Restore Point adalah fitur di Windows untuk mengembalikan sistem ke titik tertentu sebelumnya. Ini semacam melakukan “Undo” terhadap sistem komputer tanpa mempengaruhi file personal seperti email, dokumen, foto, dsb."

Langkah-langkah untuk memulai restore point untuk menghilangkan Malware, saya asumsikan anda menggunakan Windwos 7 :

1.) Pertama, Uninstall terlebih dahulu software yang terakhir anda download. dengan mengeklik Start ->Computer->Uninstall or change program
pilih waktu terakhir yang anda install, untuk mengetahuinya carilah pada kolom installed on 

2.) Langkah Ke-dua klik Start -> Control Panel -> System and Security -> Backup Your Computer dan Pilih Recover system settings on your computer.



3) Langkah Ke-Tiga Klik Button "Open System Restore" yang berada disebelah kanan.



4) Klik  "Next" untuk restore system files and settings.

Pada tahap selanjutnya pilih salah satu point atau waktu dmana komputer akan direstore. saya menyarankan pilihlah waktu dimana komputer atau laptop anda berada pada titik aman atau masih sehat walafiat sebelum terkena malware Cleanserp.net



Klik "Next" , Jika sudah maka akan ada pemberitahuan pada Popup Windows


Klik "Yes" untuk melanjutkan.

Untuk System Restore Point terkadang membutuhkan waktu yang cukup lama, jadi anda bisa tinggal untuk beberapa saat dan pastikan batery pada laptop anda tetap menyala hal ini untuk mencegah laptop anda mati pada saat prosess restore point berjalan. Jika selesai maka Windwos anda kembali seperti semula dan Mallware Cleanserp.net hilang dari Browser anda.


Sumber Gambar : www.cocosensor.com


8 komentar :

  1. terima kasih bang artikel nya

    ReplyDelete
  2. Mmm gitu ya mass..
    Boleh ku coba kalo nemuin kaya gini. Biasanya kalo udah parah laptopku sering tak repair lagi

    ReplyDelete
  3. Mantap bang artikelnya.. thankyou

    ReplyDelete
  4. Mantap bang artikelnya.. thankyou

    ReplyDelete
  5. Wah saya malah baru tau kalo ada yang beginian,
    ,dampaknya paling berbahaya apa ya gan ?

    Terimakasih



    Salam kenal
    Www yukgas id

    ReplyDelete
  6. Waw... thanka tutornya. Siap dicobaaa

    ReplyDelete

 
Toggle Footer
Top